Negara-Negara Islam Semakin Maju, Setelah UEA Ke Mars, Turki Ke Bulan 2023

 





Jum'at, 12 Februari 2021

Faktakini.info, Jakarta - Semakin maju saja negara-negara Islam. Setelah Uni Emirat Arab yang memulai misi eksplorasi luar angkasa, Presiden Tayyip Erdogan mengumumkan Turki targetkan mencapai Bulan pada tahun 2023. 

Erdogan mengatakan Turki bertujuan untuk mencapai eksplorasi pertama di Bulan sebagai bagian dari program luar angkasa nasionalnya, disampaikannya pada Selasa (9/2/2021).

"Pendaratan kasar pertama akan dilakukan di Bulan dengan roket hibrida nasional dan otentik kami yang akan diluncurkan ke orbit pada akhir 2023 melalui kerja sama internasional," kata Erdogan, merinci dua fase seperti dilansir dari Reuters, Jumat (12/2/2021).

Kendati demikian, Erdogan tidak menjelaskan secara rinci tentang kerja sama yang dimaksudnya, terkait misi ke Bulan Turki di masa mendatang.

Erdogan diketahui telah berbicara dengan bos Tesla dan SpaceX Elon Musk pada bulan lalu.

Hal itu terkait tentang kemungkinan kerjasama dalam teknologi luar angkasa dengan perusahaan Turki.

Saat berbicara dalam sebuah acara di Ankara, Erdogan mengumumkan program dengan 10 tujuan strategis.

Termasuk rencana mengirimkan warga negara Turki ke misi ilmiah di luar angkasa.

Turki telah meluncurkan satelit Turksat 5A pada bulan lalu ke orbit Bumi dari Amerika Serikat. Peluncuran satelit tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan SpaceX.

Peluncuran satelit Turksat 5B juga rencananya akan diluncurkan pada kuartal kedua di tahun 2021 ini.

Erdogan mengumumkan bahwa Turki berencana mencapai tujuan luar angkasa strategis dalam 10 tahun.

Untuk mencapai tujuan tersebut, negara ini akan meningkatkan pekerjaan pada teknologi satelit dan membangun pelabuhan luar angkasa dengan negara sekutu lainnya.

Sebelumnya, Turki meluncurkan satelit pengintai dan komunikasi untuk mendirikan pusat pengujian dan integrasi sistem satelit.

Selain itum negara ini juga memproduksi satelit HD domestik yang disebut IMECE yang diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2022 mendatang.

"Kaki kami akan berada di Bumi, tapi mata kita akan berada di angkasa. Akar kami akan ada di Bumi, cabang kami akan naik ke langit," kata Erdogan dalam menegaskan rencana Turki untuk memulai eksplorasi luar angkasa. 

Foto: Ilustrasi

Sumber: kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel