Mengenal Formasi 2-7-2 Racikan Thiago Motta: Kiper adalah Striker, Striker adalah Bek!

 


Rabu, 10 April 2024

Faktakini.info, Jakarta - Thiago Motta mendapat banyak sorotan atas hasil kerjanya bersama Bologna pada musim 2023/2024 ini. Sang pelatih pernah membuat geger publik ketika menyebut formasi yang dipakai adalah 2-7-2.

Motta ditunjuk sebagai pelatih Bologna pada September 2022. Sejak saat itu, Motta mampu mengubah wajah Bologna. Dari sekedar tim papan tengah Serie A, Bologna bersaing untuk satu tempat di empat besar atau zona Liga Champions.

Motta memakai istilah 2-7-2 karena dia melihat pemain dari kiri ke kanan, bukan dari bawah ke atas. Jadi, Motta melihat posisi pemain dari bangku cadangan ke sisi lapangan lain.

Jadi, formasi 2-7-2 racikan Motta ini pada prakteknya mirip dengan 4-2-3-1 atau 4-1-4-1 yang sekarang sering dipakai di Bologna. Pada formasi 2-7-2, kiper dianggap sebagai gelandang karena posisinya berada di area tengah lapangan. Sama dengan penyerang.

"Tergantung pada kualitas para pemain. Saya pernah bermain dengan bek sayap akhirnya bermain sebagai nomor 9 dan 10. Penjaga gawang dihitung sebagai salah satu dari tujuh lini tengah. Bagi saya, penyerang adalah bek pertama dan penjaga gawang adalah penyerang pertama," ucap Motta.

Sumber: Bolanet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel