Hadir Haul Habib Syech Aljufri di Alkhairaat Condet, Habib Hanif Doakan 6 Syuhada FPI

 





Sabtu, 1 Oktober 2022

Faktakini.info, Jakarta - Acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW & Haul Ke-12 Habib Syech Bin Ali Aljufri pada hari ini, Sabtu (1/10/2022) di SMPIT Al-Khairaat Condet, Jakarta Timur berlangsung dengan lancar dan sukses.

Acara kali ini mengambil tema "Mari jadikan sebagai teladan ummat untuk bangkit, semangat menjadi bangsa yang hebat".

Rangkaian acara dimulai pukul 7 pagi dengan berziarah ke makam Habib Syech Bin Ali Aljufri yang berada di dekat lokasi acara. Kemudian pembacaan dzikir dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh para jamaah yang hadir dengan khidmat. 

Acara ini dihadiri oleh para Ulama dan Habaib antara lain Shohibul Bait keluarga besar Habib Syech bin Ali Aljufri termasuk putra-putra Habib Syech yaitu Habib Muhammad, Habib Abdurrahman dan Habib Abdul Qodir Aljufri.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini dihadiri pula oleh Habib Umar bin Abdurrahman Alatas pengajar senior di Rubat Tarim Hadramaut, Yaman. Lalu Habib Muchsin bin Zeid Alatas, Habib Hanif bin Abdurrahman Alatas, Habib Salim bin Umar Alhamid, Habib Abubakar Mauladdawilah dari Malang, KH Ainul Yaqin dan para Ulama dan Habaib lainnya, perwakilan dari Walikota Jakarta Timur, Camat Kramat Jati serta ribuan umat Islam yang hadir.

Sekretaris Walikota Jakarta Timur Fredy Setiawan mengucapkan terima kasih kepada warga Condet. Sebagai aparatur pemerintahan ia menyampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya. Ia mendoakan semoga Anies selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan anak-anak TKIT, SDIT dan SMPIT Al-Khairaat menunjukkan kemampuannya dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, antara lain oleh Sayyid Hasan bin Abdul Qodir bin Syech Aljufri. 

Habib Muhammad bin Syech Aljufri mewakili keluarga besar Habib Syech bin Ali Aljufri mengucapkan terima kasih kepada para hadirin dan warga setempat. Ia memaparkan anak-anak yang menuntut ilmu di Alkhairat sejak jenjang TK memang diajari membaca Al-Qur'an dengan sebaik-baiknya.

Setelah itu ceramah oleh Habib Hanif bin Abdurrahman Alatas yang merupakan menantu dari Imam Besar Habib Rizieq Shihab. 

Habib Hanif memaparkan kenapa kita mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai tempat.

Pertama, ujar Habib Hanif, karena ketaatan kita kepada perintah Allah SWT. Dalam Al-Qur'an orang beriman gembira dengan anugerah Allah SAW, dan Nabi Muhammad SAW itu merupakan anugerah Allah  yang sangat besar. Jadi yang memerintahkan kita merayakan maulid Nabi adalah Allah SWT. 

Kedua, karena kita mengikuti perintah Nabi Muhammad SAW.  Nabi menyampaikan Ia puasa di hari senin, karena di hari itu Aku dilahirkan. Ini berarti Nabi Muhammad mengaitkan hari kelahirannya dengan momen-momen tertentu. 

Serta nikmat atas selamatnya Nabi Musa dari Fir'aun saja kita mensyukuri, tentu apalagi atas lahirnya Nabi Muhammad SAW, kita lebih mensyukuri lagi, yaitu dengan menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Yang ketiga, karena perayaan-perayaan maulid adalah momentum untuk menceritakan kisah, dakwah, amar ma'ruf nahi munkar dan jihad nya Nabi Muhammad SAW. Umat butuh mendengar cerita ini untuk makin memantapkan keimanannya, sebagaimana kisah Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan lainnya juga diceritakan dalam Al-Qur'an. 

Habib hanif memaparkan perjuangan umat saat ini tidak ada apa-apanya dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW, yang sampai depan rumahnya dilempari dengan kotoran oleh para pembencinya.

Al Ulama Warotsatul Anbiya, Ulama adalah pewaris Nabi, namun yang diwarisi oleh Ulama bukan hanya hal-hal yang positif namun Ulama juga akan mewarisi resiko perjuangan Nabi, seperti difitnah, dicaci, dipenjarakan bahkan dibunuh. Demikian lanjut Habib Hanif. 

Habib Hanif mengungkapkan Habib Syech bin Ali Aljufri selama hidupnya selalu peduli dengan perjuangan umat, tidak hanya mengurus masjid namun juga aktif berjuang di parlemen. Maka itu Habib Hanif mengajak warga Condet khususnya di Alkhairat dan sekitarnya untuk meneruskan perjuangan Habib Syech Aljufri dan terus bersatu.

Habib Hanif Kemudian mendoakan 6 syuhada FPI yang tewas dibunuh di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek agar diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan semua yang terlibat dalam pembunuhan keji itu agar dihancurkan oleh Allah SWT 

Habib Hanif kemudian melantunkan Sholawat Badar dan menyampaikan salam dari Imam Besar Habib Rizieq Shihab kepada para jamaah karena tidak bisa hadir karena statusnya masih bebas bersyarat.

Penceramah selanjutnya adalah Habib Abubakar Mauladdawilah dari Malang. Ia mengatakan Habib Syech adalah murid dari waliyullah Habib Abdul Qodir Balfaqih dan sering ditunjuk oleh gurunya untuk menggantikannya berceramah ketika berhalangan. Ini merupakan isyarat bahwa Habib Syech akan menjadi ulama besar. 

Penceramah selanjutnya adalah KH Ainul Yaqin bin Abdullah Syafii dan Habib Umar bin Abdurrahman Alatas yang sekaligus menutup acara dengan doa. Para hadirin kemudian menikmati hidangan nasi kebuli yang disediakan oleh panitia, lalu menunaikan sholat dzuhur berjamaah di Masjid Alkhairat. Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan tertib.












Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel