Khozinudin: Orang Kalimantan yang Teriak Dukung Proyek IKN Itulah Pengkhianat Kalimantan?

 



Kamis, 27 Januari 2022

Faktakini.info

*ORANG KALIMANTAN YANG BERTERIAK MENDUKUNG PROYEK IKN ITULAH PENGKHIANAT KALIMANTAN ?*

Oleh : *Ahmad Khozinudin*

Sastrawan Politik

Entahlah, begitu proyek IKN mendapatkan penentangan mayoritas rakyat Indonesia, ada segelintir suara yang mengatasnamakan masyarakat Kalimantan berapi-api mendukung proyek ini. Berbusa soal apresiasi kepada Kalimantan yang dipilih sebagai lokasi IKN, pembangunan yang tidak jawasentris, hingga soal membela adat atas ujaran 'Jin Buang Anak' yang sebenarnya tidak pernah ditujukan kepada suku atau masyarakat Kalimantan.

Mereka tidak pernah bersuara, saat sejumlah korporasi oligarki menjamah hutan Kalimantan, mengusir masyarakat adat, membangun perusahaan sawit, lahan pertanian hingga pertambangan, dan meninggalkan lobang-lobang tambang yang menganga, yang menimbulkan dampak bencana alam banjir di Kalimantan.

Kemana orang-orang yang mengaku perwakilan daerah Kalimantan itu ?

Saat Effendi Buhing dijemput paksa polisi di rumahnya di Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau. Saat kekuasaan oligarki telah menguasai pemerintahan, hingga semena-mena 'merampas' tanah adat milik rakyat. dimana posisi mereka ?

Kemana orang-orang yang mengaku perwakilan daerah Kalimantan itu ?

Mereka hanya mengklaim membela Kalimantan, untuk kepentingan mereka sendiri. Boleh jadi, mereka punya lahan di kawasan IKN yang akan diuntungkan ? Atau mereka, dibayar oleh oligarki agar menjadi chearlreaders untuk menyemarakkan proyek IKN ?

Mencintai masyarakat Kalimantan, adalah dengan memikirkan nasibnya. Apresiasi kepada rakyat Kalimantan, adalah dengan memberikan hak kepada masyarakat adat untuk memanfaatkan tanah tanpa gangguan oligarki.

Bukan sebaliknya, penguasa menjadi jongos oligarki yang merampas tanah rakyat Kalimantan. Inikah yang disebut apresiasi untuk masyarakat Kalimantan ?

Kalimantan kaya tambang, namun rakyatnya miskin. Tambang dikuasai oligarki. Padahal, semestinya berdasarkan syariat Islam, tambang adalah harta milik bersama, haram diserahkan kepada oligarki.

Ketahuilah !

Yang sejati membela Kalimantan dan rakyat di negeri ini, adalah yang memikirkan nasib rakyat, melawan kerakusan oligarki, melawan ekploitasi alam yang merugikan penduduk setempat, dan menghisap darah rakyat melalui bisnis yang dicangkokkan pada program pemerintah. Proyek IKN adalah bisnis oligarki yang meminjam kebijakan pemerintah. Tolak dan Lawan !

Proyek IKN tidak menguntungkan rakyat Indonesia, bahkan tidak juga untuk rakyat Kalimantan. Proyek ini hanya akan menguntungkan oligarki, menjadi saluran pundi-pundi untuk memperkaya harta mereka yang sudah melimpah. [].

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel