Teriakan 'Jokowi Mundur' Menggema di Aksi Demo Mahasiswa BEM SI di Patung Kuda Monas




Kamis, 21 Oktober 2021

Faktakini.info, Jakarta - Teriakan meminta Joko Widodo (Jokowi) mundur dari jabatannya sebagai presiden menggema saat aksi unjuk rasa yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

BEM SI menggelar aksi unjuk rasa memperingati tujuh tahun pemerintahan Jokowi.

"Mundur, mundur, Jokowi," teriak orator dari mobil komando yang diikuti massa aksi.

Selain menyampaikan aspirasinya lewat orasi, massa juga membawa sejumlah poster bertuliskan kritikan kepada Jokowi, seperti '7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat,' Gruduk Istana Oligarki, 7 Jokowi Khianati Rakyat,' dan 'Reformasi Habis Dikorupsi Oligarki.

Sebelumnya massa unjuk rasa mulai memadati kawasan Patung Kuda sejak pukul 11.20 WIB. Massa BEM SI terdiri dari sejumlah ratusan mahasiswa yang berasal dari sejumlah universitas.

Koordinator Bidang Isu Hukum dan HAM serta Korupsi BEM SI, Zakky Musthofa Zuhad mengatakan, aksi ini rencananya diikuti 1.000 mahasiswa.

"Sekitar 1000-an yang terkonfirmasi," kata Zakky saat dikonfirmasi wartawan.

Selain di Istana Negara, Jakarta, aksi unjuk rasa juga digelar BEM SI di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Lampung, Riau, Palembang, Kalimantan, NTB, Solo, Yogyakarta, dan lain-lain," ujar Zakky.

Berdasarkan undangan yang disebar BEM SI, unjuk rasa mereka gelar karena menilai selama tujuh tahun pemerintahan Jokowi banyak persoalan yang belum terselesaikan. Mereka pun menyebut selama itu Jokowi mengkhianati rakyat.

"Tujuh tahun Jokowi mengkhianati rakyat. M.aka dari itu, kami mengajak seluruh Mahasiswa di Indonesia dari sabang sampai merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti Aksi Nasional, Seruan Gruduk Istana Oligarki," tulis BEM SI dalam undangannya.

Rabu 20 Oktober kemarin, tepat dua tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia, setelah resmi terpilih berdasarkan hasil pemilihan umum yang diselenggarakan pada 2019 lalu.

Sementara periode pertamanya, Jokowi menggandeng Jusuf Kalla sebagai wakil presiden, setelah resmi terpilih pada pemilihan umum 2014. Terhitung mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah memimpin pemerintahan Indonesia selama tujuh tahun.

Presiden Jokowi sendiri saat ini sedang berada di Kalimantan Selatan untuk kunjungan kerja.

Meski sempat diguyur hujan deras, massa tetap menggelar unjuk rasa sambil berorasi di kawasan Patung Kuda.
 
Rencananya, aksi ini akan digelar di seberang Istana Negara. Namun, mahasiswa hanya berkumpul di kawasan Patung Kuda dengan membentangkan spanduk tuntutan sambil berorasi.

Dalam aksinya, mahasiswa juga menyampaiakan beberapa tuntutan, di antaranya menuntut pemerintah menerbitkan Perppu pembatalan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, menuntut perbaikan dan peningkatan ekonomi, mengembangkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam negeri tanpa utang.

Menuntut kebebasan sipil sesuai amanat konstitusi dan menjamin keamanan setiap orang atas hak berpendapat. Mewujudkan supremasi hukum dan HAM yang berkeadilan, tidak tebang pilih dan tuntaskan HAM masa lalu, serta beberapa lainnya.

Sumber: suara.com, RMOL dan lainnya

Saksikan LIVE REPORT FNN TV:

7 TAHUN JOKOWI MENGHIANATI RAKYAT






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel