Rumail Abbas: Yang Ditulis Thobary Syadzily Bukan Datuknya Ba'alawi, tapi Ahmad bin Isa yang lain

 


Rabu, 17 April 2024

Faktakini.info

Rumail Abbas

Apa yang ditulis Mas Thob (Kiai Thobary Syadzily) di status di bawah ini bukanlah Ahmad bin Isa yang menjadi datuk seluruh Baalawi di dunia. Karena Ahmad bin Isa ini merupakan wangsa Uraidliyun, keturunan Imam Ali Al-Uraidli, adik dari Imam Musa Al-Kadzim.

Sementara Ahmad bin Isa yang ditulis Mas Thob adalah keturunan Husain bin Zaid Al-Syahid, atau dikenal dengan Husain Dzi 'Abrah (Pemilik Kesedihan), dan dalam tradisi Syiah disebut Husain Dzi Dum'ah (Pemilik Air Mata).

Disebut demikian karena ayahandanya wafat secara syahid (Anda bisa googling saja untuk kisah pilu cucu Baginda Nabi yang satu ini)

Singkatnya begini...

Imam Ali Zain Al-Abidin bin Husain Sibth punya anak bernama Muhammad Al-Baqir dan Imam Zaid. Muhammad Al-Baqir menurunkan wangsa Al-Uraidli hingga Ahmad bin Isa (datuk seluruh Baalawi), sedangkan Imam Zaid menurunkan Husain Dzi 'Abrah wa Dum'ah hingga Ahmad bin Isa.

Mas Thob mengira keduanya adalah orang yang sama, padahal berbeda. Maka, silsilah Ahmad bin Isa yang ada pada status Mas Thob ialah:


Ahmad bin Isa bin Yahya bin Husain Dzu 'Abrah wa Dum'ah bin Zaid Al-Syahid bin [[[ Ali Zain Al-Abidin ]]] bin Husain Sibth


Sedangkan silsilah Ahmad bin Isa yang dikenal Al-Muhajir sekaligus datuk seluruh Baalawi ialah:


Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidli bin Ja'far Al-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin [[[ Ali Zain Al-Abidin ]]] bin Imam Husain Sibth.


Keduanya bertemu secara silsilah sampai ke Imam Ali Zain Al-Abidin bin Husain Sibth bin Imam Ali & Sayidah Fathimah.

Mungkin Mas Thob memegang kata kunci "buta", sehingga mengira keduanya sama. Memang, dalam Tahdzib Al-Ansab karya Al-Ubaidili, di antara keturunan Ahmad bin Isa Al-Uraidli ada "yang buta", namun beda orang.

"Orang buta" di dalam Tahdzib Al-Ansab ialah Muhammad Abu Ja'far bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Isa Al-Uraidli, bukannya Ahmad bin Isa yang mengalami kebutaan (hlm 177).

Untuk memperkuat bahwa "orang buta" tersebut secara silsilah bukanlah Ahmad bin Isa, bisa dicek pula dalam Muntaqilah Al-Thalibiyah (hlm. 79) bahwa "orang buta" itu ialah keturunan ketiga dari Ahmad bin Isa Al-Uraidli.

Sementara julukan "Al-Naffath" (Penambang Minyak), menurut Ibn Inabah (828 H) bukanlah untuk Ahmad bin Isa Al-Uraidli, namun untuk cucu dari Muhammad "Orang Buta" tersebut.

Uraian mendalam tentang ini, sebagaimana sarjanawan filolog lakukan, ada pada Uqud Al-Almas karya Sayid Alwi bin Thahir Al-Haddad.

Jadi uraian Mas Thob memang salah orang, salah silsilah, dan salah julukan.

...

Masya Allah....

Akhirnya saya ketemukan jawaban atas keraguan yg selama ini saya dapatkan dengan cerita Gus Rumail saat ini, karena saya pernah melihat video dari Kyai nur ikhya yg menceritakan masalah silsilah keluarga Ahmad bin Isa yg dikatakan bergelar annaffath dlm keterangan kitab yg dibacanya, tetapi yg sebenarnya adalah :

*) Cerita tentang Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali Al Uraidhi yg makamnya ada di husaisah Hadromut dan menjadi datuknya para kluarga ba-alawi dengan Ahmad bin Isa bin Yahya bin Husein dzu abrah yg makamnya berada di Iraq sungguh berbeda....

*) Cerita Ahmad bin Isa yg dikatakan bergelar annaffath "dlm keterangan yg disampaikn oleh Kyai nur ihya" dimana dlm penjelasannya Ahmad bin Isa dikatakan hijrah ke undunus bukan ke Yaman, sehingga dengan keterangan Gus Rumail ini keduanya telah diverifikasi bahwa makam Ahmad bin Isa ada dua yang di husaisah Hadromut itu Ahmad bin Isa leluhur dari keluarga ba-alawi dan makam Ahmad bin Isa yg di Iraq itu keluarga Ahmad bin Isa bin Yahya bin Husein dzu abrah wa dum'ah dan kemudian yg dikatakan sebagai annaffath itu adalah cucu dari Ahmad bin Isa dari cucu beliau yg bernama Muhammad Abu Jakfar (seorang yg buta) bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Isa al-uraidhi, singkat cerita bahwa Ahmad bin Isa yg diceritakan oleh Kyai ikhya dlm kontennya berbeda dgn Ahmad bin Isa bin Ali Al Uraidhi yang dikatakan sebagai leluhur dari keluarga ba-alawi....

Matursuwun.... 🙏👍☕

.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel