KH Luthfi Bashori: Ucapkan Laa Ilaaha Illallah!

 


Jum'at, 27 Januari 2023

Faktakini.info 

UCAPKAN LAA ILAAHA ILLALLAH !


Luthfi Bashori


Membaca Laa ilaaha illallah (tiada tuhan selain Allah) itu boleh dilakukan dengan suara pelan, yang sekira hanya didengar oleh telinga sendiri, bahkan boleh juga hanya dibaca dalam hati, namun tentunya boleh juga dibaca dengan suara keras, yang sekira orang lain bisa mendengar, seperti saat melantunkannya dalam adzan.


Membaca Laa ilaaha illallah itu banyak manfaatnya, dan kalimat itu boleh dibaca dalam kondisi apapun, yang penting masih pada batas kesopanan dan kepatutan serta kekhusyu’an, maka tidak perlu takut dituduh bid’ah (sesat) tatkala mengamalkannya.


Rasulullah SAW bersabda: “Bagi orang yang ahli (terbiasa) mengucapkan kalimah Laa ilaaha illallaah (tiada tuhan selain Allah), tiada perasaan terasing baginya sewaktu ia mati, dan tiada pula sewaktu ia dalam kubur, serta tiada pula sewaktu ia dibangkitkan hidup kembali. Seakan-akan aku melihat mereka ketika dibangkitkan hidup kembali sedang mengibaskan tanah dari kepalanya seraya mengucapkan (segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan kesedihan dari kami).” (HR. Imam Thabrani melalui Imam Ibnu Umar RA).


Jadi membiasakan diri membaca Laa ilaaha illallah itu sangat dianjurkan dalam Islam, karena akan membawa pengamalnya untuk meraih kehidupan akhirat yang sangat mulia dan terhormat di sisi Allah.


Seringkali masyarakat mendengarkan lantunan ucapan Laa ilaaha illallah di tempat-tempat ibadah, seperti di saat usai berjamaah shalat lima waktu, biasanya sang imam memimpin dzikir atau wirid yang di dalamnya mengadung kalimat Laa ilaaha illallah.


Atau saat ada kematian warga, atau di majelis ta’lim/dzikir, serta di tempat-tempat yang lazim dibacakan kalimat Laa ilaaha illallah. Tentunya semuanya itu adalah sangat baik untuk dijadikan amalan istiqamah bagi setiap muslim, dimana pun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel