Tagar Tangkap Abu Janda jadi TT di Twitter Usai Unggah Video Editan Pidato Anies Soal ACT

 






Jum'at, 8 Juli 2022 

Faktakini.info, Jakarta - Tagar #TangkapAbuJanda kian ramai di Twitter pada Kamis (7/7/2022) malam. Tagar ini menjadi trending tropic setelah Abu Janda mengunggah pidato Gubernur DKI Anies Baswedan Soal ACT.

"Mau nanya sama @DivHumas_Polri, mereka yg tukang fitnah pak gubernur Anies Baswedan itu "sekamar" gak sih sama pak @ListyoSigitP?," tulis salah satu warganet.

#tangkapabujanda

"Wuiiiihhh tagar #TangkapAbuJanda trending ???," tulis warganet lainnya.

Sebelumnya, Abu Janda mengunggah video yang berisi suara editan pidato Gubernur DKI Anies Baswedan. Permadi Arya atau Abu Janda mendiskreditkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan mengunggah sebuah video pidato Anies yang menyinggung soal Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Bahwa ACT menciptakan suatu sistem di mana mereka yang kekurangan memberikan kepada mereka yang berpunya. Mereka yang membutuhkan memberikan kepada mereka yang berlebih. Sistem ini merupakan sebuah pendekatan yang amat menarik dan ini adalah contoh inovassi profit, tapi insya Allah ini alwyas for benefit ..." begitu cuplikan video yang dibagikan Abu Janda.

Tim Anies membantah cuplikan video, dan menegaskan tayangan itu sudah diedit.  Sementara itu, setelah terciduk menyebar hoax dan fitnah, Abu Janda mencoba berkelit dengan mengklaim, ini hanya parodi, Humor plesetan buat lucu-lucuan.

Selain itu, Komisaris PT pembangunan Jaya Ancol Geisz Chalifah beradu argumen dengan pegiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda. Geisz Chalifah mengkritik keras unggahan Abu Janda terkait video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seolah berbicara ACT untuk keuntungan. Padahal video tersebut adalah editan dengan teknik deepfake.

Geisz dan banyak pihak pun menyebut Abu Janda mengunggah konten hoaks. Abu Janda pun berdalih jika video tersebut hanya parodi ataupun humor semata.

Geisz Chalifah pun geram dengan pernyataan Abu Janda.

Menurut Geizh, mengedit video dari bentuk aslinya yang bertolak belakang dari sebenarnya bukan merupakan parodi, melainkan fitnah.

"Semua pelaku Fitnah, Para BuzzerRp dan siapapun akan selalu Aman bila yg difitnah dgn cara biadab sekalipun adalah Anies Baswedan. Segala UU Itu hanya menjadi etalase bila yg mengalaminya adalah Anies," jelas Geizh melalui akun Twitternya pada Kamis (7/7/2022). (ebs/ade)

Sumber: tvonenews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel