Selamat Jalan Bang Arief Munandar, Pejuang Zuhud di Zaman Modern

 

Rabu, 14 Juli 2021

Faktakini.info

Selamat Jalan Bang Arief, Pejuang Zuhud di Zaman Modern.

Di rumahnya ada dua mobil, tetapi ke mana-mana dia memilih naik taksi online.

Istrinya doktor akutansi pengajar di FE UI, ke mana-mana pakai sepeda motor.

KAMI berduka cita yang dalam. Salah seorang sahabat kami, teman diskusi kami berpulang kepada Sang Khalik, Selasa, 13 Juli 2021 malam, sekitar pukul 19.46. 

Innalillahi wainna ilaihi roji'un. 

"Telah berpulang dengan tenang ke Rahmatullah Arief Munandar  di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu." Demikian antara lain isi pemberitahuan di WA grup kami. 

Almarhum adalah Wakil Pemimpin Umum FNN.co.id. Ia dikenal lewat YouTube Channel Bang Arief yang berada di bawah FNN Grup.

Doktor kelahiran 15 November 1971 itu meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19. Hampir dua pekan ia sakit, dan sepuluh hari dirawat di RSUD Pasar Minggu.

Kepergianmu membuat duka dalam bagi kami semua. Engkau pergi begitu cepat. 

Apalagi, pertemuan terkhir dengan engkau seakan baru terjadi. Ya, pertemuan pada Sabtu, 26 Juni 2021 malam, dalam rapat redaksi FNN.co.id di kompleks Sekolah Insan Cendikia Madani, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Rapat  diadakan, antara lain karena usulan engkau yang semakin gerah melihat situasi negara yang kian  carut-marut.

Bang Arief. Sulit rasanya menuliskan kata-kata buatmu. Jari-jari serasa lemas dan mataku berlinang saat membaca WA yang mengabarkan kepergianmu menuju Sang Khalik. 

Seakan hati tidak percaya engkau pergi. Pertemuan di ICM itu  membawa pesan terakhir bagi kami bahwa itu jugalah pertemuan terakhir denganmu. Sebab, dalam pertemuan tersebut engkau sempat meminta  pendingin ruangan dimatikan karena tidak kuat.

Sejak pertemuan itu, tidak lama kami hanya mendapat kabar engkau sakit.  Awalnya di bawa ke Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Akan tetapi, rumah sakit tersebut penuh dengan pasien, sehingga penanganan terhadapmu agak "lama", meskipun UI adalalah almamatermu. 

Akhirnya,  berbagai usaha dilakukan,   sehingga bisa pindah dari RS UI ke RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Termasuk bantuan dari Gubernur DKI Jakarta.

Selamat jalan sahabat. Sepanjang pergaulan kita, engkau adalah saudara baik kami. Banyak yang engkau lakukan untuk mendidik anak-anak bangsa menjadi orang yang cerdas dan kritis.

Engkau dirikan Peopleshift, Rumah Peradaban dan Shafa Community. Ini adalah usaha nirlaba tempat putra-putri bangsa dididik agar menjadi manusia berakal sehat dan manusia merdeka. 

Selamat jalan sahabat. Syurga menantimu, pelukan dari Yang Maha Pengasih berada padamu. 

Sahabatku. Kepergiamu adalah syahid, karena engkau telah berjuang melawan Covid-19. Bukankah Rasulullah Sollolohu 'alaihi wasallam telah menyebutkan, "Ummatku yang meninggal karena wabah adalah syahid."

Apalagi kepergiamu masih hari Selasa malam. Selasa adalah wafatnya para Nabi.

Manusia zuhud modern

"Bang Arief insya Allah bekal akhiratnya sangat cukup. Dia memilih hidup di jalan dakwah dan menyiapkan kader intelektual muslim yang kosmopolit," tulis Hersubeno Arief dalam grup WA FNN.

Lihat saja gaya pakaian dan berbicaranya.  Beda banget dengan anak-anak tarbiyah yang penampilannya khas. Celana cingkrang  dan baju gombrang.

Dresscodenya celana jeans, dan t-shirt tematik. 

Dia itu Ustadz gaul, pemahaman dan penguasaan agamanya mumpuni, wawasan keilmuan, terutama bidang sosiologi dan ekonomi juga mumpuni.

Gaya hidupnya juga menarik. Ini contoh manusia zuhud modern.

"Rumahnya dibagi dua. Bagian belakang  untuk asrama/pesantren 12 orang mahasiswa UI terpilih. 

Dia seleksi, dia didik langsung, dan diberi beasiswa," tulis Hersubeno.

Anak-anak tersebut dia siapkan sebagai leader masa depan. Salah satu anak didiknya Fajar adalah Ketua BEM UI sebelum Leon.

Di rumahnya ada dua mobil, tetapi ke mana-mana dia memilih naik taksi online.

Istrinya doktor akutansi pengajar di FE UI, ke mana-mana pakai sepeda motor.

Insya Allah tengah mengurus gelar Profesornya.

Dia punya putri tunggal yang sudah memberinya 3 orang cucu.

Secara ekonomi kehidupannya sangat cukup, karena dia juga punya kantor konsultan bidang SDM (Sumber Daya Manusia),  sebuah dunia yang sangat dia cintai.

Setiap Iduladha seperti saat ini, Bang Arief juga selalu menyembelih qurban. Jangan kaget ya, qurban dia biasanya dua ekor sapi limousin yang harganya ratusan juta rupiah.

Insya Allah dalam perjalanan  yang singkat -- 51 tahun -- hidupnya penuh manfaat. Bukan hanya buat dirinya, namun juga untuk orang lain. Untuk agama dan bangsa.

"Saya bersaksi Bang Arief adalah orang baik.

Khoirr....khoir...." tulis Hersubeno yang kawan terdekat almarhum.

Selamat jalan sahabat. Kepada keluarga yang ditinggalkan agar bersabar. 

Atas nama  seluruh pimpinan dan staf FNN Grup, kami berduka cita yang dalam. 

Mangarahon Dongoran, Pemimpin Redaksi FNN.co.id. **

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel