Peringati 70 Tahun RI - Rusia, Anies: Jakarta Akan Terus Terlibat Dalam Kancah Dunia, Bersahabat Dengan Negara Manapun

 


Kamis, 11 Maret 2021

Faktakini.info

𝐏𝐞𝐫𝐢𝐧𝐠𝐚𝐭𝐢 𝟕𝟎 𝐓𝐚𝐡𝐮𝐧 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚-𝐑𝐮𝐬𝐢𝐚, 𝐆𝐮𝐛𝐞𝐫𝐧𝐮𝐫 𝐀𝐧𝐢𝐞𝐬: 𝐉𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 𝐀𝐤𝐚𝐧 𝐓𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐓𝐞𝐫𝐥𝐢𝐛𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐊𝐚𝐧𝐜𝐚𝐡 𝐃𝐮𝐧𝐢𝐚, 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐣𝐚𝐥𝐢𝐧 𝐏𝐞𝐫𝐬𝐚𝐡𝐚𝐛𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐠𝐬𝐚 𝐌𝐚𝐧𝐚 𝐏𝐮𝐧

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan peringatan hubungan diplomatik Indonesia-Rusia ke 70 dan persahabatan Kota Jakarta-Moskow. Hal itu disampaikan Anies melalui akun insta.gram miliknya.

Melalui akun Instagramnya, Anies memposting sejumlah kegiatan peringatan hubungan diplomatik Indonesia-Rusia serta persemian secara virtual patung Yuri Gagarin kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I pada Rabu, 10 Maret 2021, malam. 

Anies menyebut, sejak awal berdirinya Republik Indonesia, para bapak bangsa kita telah menjalin hubungan erat dengan Rusia (Uni Soviet pada waktu itu). Persahabatan kita ditandai dengan pertukaran pelajar sejak tahun 1950-an. Buah dari persahabatan ini kita rasakan sampai sekarang.

Ketika Indonesia mulai menghadapi pandemi Covid-19 setahun yang lalu, Anies menyebut salah satu rumah sakit yang pertama melayani pasien rujukan Covid-19 adalah RS Persahabatan, nama lengkapnya RS Persahabatan Indonesia-Rusia, yang dibangun hasil kerja sama dengan Uni Soviet pada 1961-1963.

"Hari ini, dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia - Rusia ke-70 tahun, sekaligus persahabatan kota Jakarta - Moskow, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan patung Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I. Patung Yuri Gagarin kini berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan," ujarnya membanggakan. 

Anies beserta jajaran menyambut baik momen perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006. 

"Apresiasi kepada semua yang terlibat “menghadirkan” Yuri Gagarin di Jakarta, dari Pemerintah Federasi Rusia, Kedutaan Besar Federasi Rusia, Kementerian Luar Negeri RI dan Pemprov DKI Jakarta," terangnya.

Menurut Anies, hal itu merupakan sebuah kehormatan bagi kota Jakarta, 

"Semoga kehadiran patung Yuri Gagarin juga bisa menginspirasi anak-anak di Jakarta dan Indonesia untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin," harapnya. 

Anies memastikan bahwa Jakarta akan terus terlibat dalam kancah dunia, menjalin persahabatan dengan bangsa mana pun. 

"Semoga persahabatan antara Rusia-Indonesia telah dijalin sejak masa Presiden Soekarno menjabat, makin erat dan membuka peluang kerja-kerja bersama baru ke depan antar kedua bangsa," tandasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel