Dunia Takjub! Ternyata FPI yang Bantu Korban Banjir di Sintang, Malang, Tebing Tinggi, Balangan, Garut dan HSS

 


Senin, 29 November 2021

Faktakini.info, Jakarta - Habib Rizieq Shihab telah menginstruksikan agar seluruh Pengurus dan Relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) beserta seluruh Sayap Juangnya wajib peduli dan berpartisipasi di setiap lokasi musibah dan bencana dan dalam memberikan bantuan tidak pernah membeda-bedakan Suku, Agama maupun latar belakang dari orang yang mau kita bantu.

"Bantu semua korban tanpa memandang suku dan agama. Jangan sekali-kali menganggap musibah yang menimpa saudara kita sebagai beban bagi kita, tapi itu adalah kewajiban kemanusiaan. Semua masyarakat siapapun dia yang mendapat musibah wajib kita bantu tanpa memandang suku, budaya, adat bahkan agama sekalipun, semua harus dibantu," ujar dzurriyah atau keturunan Nabi Muhammad SAW itu.

Karena itu umat Kristen, Katolik, Budha, Hindhu dan lainnya semuanya tetap ditolong dengan sebaik mungkin oleh para Relawan HILMI FPI. Bahkan tak hanya di Indonesia, FPI juga memberikan bantuan kemanusiaan di Palestina,  Suriah, Myanmar dan lainnya.

Memasuki musim penghujan di bulan-bulan terakhir tahun 2021 ini, musibah Banjir melanda banyak wilayah di Indonesia. Namun alhamdulillah para Relawan FPI termasuk Hilal Merah Islam (HILMI) selaku Sayap Juang FPI di bidang kemanusiaan dengan sigap turun membantu di berbagai lokasi banjir.

Pada hari Jum'at (5/11) pukul 22.00 Wita Relawan HILMI FPI Kalbar berangkat menuju lokasi bencana banjir di kabupaten Sintang yang dikoordinatori oleh saudara Nopi MS bersama relawan lainnya, lalu membuka posko dan dapur umum yang masih terus beroperasi hingga akhir November saat air banjir mulai surut.

Selain dari dana swadaya FPI Kalbar, Dapur Umum HILMI FPI juga menerima sumbangan dari masyarakat untuk disalurkan kepada korban banjir di Desa Manyumbong Tengah, Kampung Raja, Kecamatan Mensiku, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Untuk daerah lainnya di Kabupaten Sintang, dengan menggunakan perahu Relawan HILMI FPI juga memberikan bantuan makanan dan lainnya untuk warga terdampak banjir  

Hari Sabtu (20/11) pagi Relawan HILMI FPI Kalbar membagikan bantuan untuk umat Kristen korban banjir di Gereja Athehia, Desa mekar jaya, Kelurahan kapuas Kiri Hilir, Kabupaten Sintang.

Menerima bantuan berupa makanan, perlengkapan bayi dan wanita, Ibu RT Pengurus Gereja Athehia sangat terharu dan mengucapkan terima kasih kepada HILMI FPI atas segala bantuan ini.

Bencana banjir bandang juga menerjang Kota Batu di Malang Jawa Timur, akibat hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, pada Kamis (4/11/2021), pukul 14.00 WIB.

Relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) dengan sigap langsung terjun ke lokasi bencana dan memberikan bantuan, Kamis (4/11). 

FPI Kota Malang dan FPI Kabupaten Malang bekerja sama dengan Relawan Malang Raya 212 serta bersama DLH dan DAMKAR bekerja bersama membantu warga terdampak musibah banjir di Batu, Malang ini. Dengan cekatan mereka membersihkan rumah warga dari lumpur banjir bandang., memberikan juga bantuan makanan dan lainnya.

Tak hanya itu, FPI Malang juga memberikan bantuan pasca banjir. Mereka merenovasi 5 rumah warga yang rusak akibat banjir dengan berkolaborasi bersama Al Hasby Malang Raya.

Musibah banjir juga melanda sejumlah kelurahan di Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara (Sumut), Ahad (21/11/2022) dini hari. Ketinggian air yang merendam 10 kelurahan di lima kecamatan sekitar 20 hingga 120 sentimeter (cm).

Front Persaudaraan Islam (FPI) Kota Tebing Tinggi dengan sigap langsung turun ke lokasi banjir dan memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir pada hari Ahad (21/11) siang, mengevakuasi warga dan barang perabotannya serta membagikan makanan di wilayah Flamboyan atau Jalan Kartini dan lainnya.

Senin (22/11) pagi Relawan FPI Kota Tebing Tinggi memberikan makanan untuk sarapan pagi berupa nasi bungkus, roti, kue dan lainnya untuk warga korban Banjir di wilayah Flamboyan dan lainnya.

Posko FPI Kota Tebing Tinggi di Simpang Keling juga kedatangan para umat yang mengamanahkan bantuan untuk korban banjir melalui FPI. Dan kemudian bantuan itu langsung didistribusikan kepada masyarakat terdampak banjir.

Relawan FPI juga hadir membantu warga saat bencana banjir menerjang Kecamatan Karangtengah dan Kampung Ciloa, Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2021).

Selain di Desa Sukamukti, banjir bandang juga menerjang kawasan Desa Maripari, Kecamatan Sukawening.

Relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) Garut langsung turun ke lokasi bencana Kecamatan Sukawening dan memberikan berbagai bantuan, dengan mengevakuasi barang-barang perabotan warga, membersihkan lumpur sisa banjir dan lainnya, Sabtu (27/11) malam.

Hari Ahad (28/11) pagi Relawan FPI Garut dan HILMI FPI Jabar masih terus membersihkan rumah-rumah warga dan  membuka posko dan dapur umum untuk membantu para korban banjir.

Akibat intensitas hujan deras, musibah  banjir juga melanda empat kecamatan di Kalimantan Selatan yaitu Brabai, Haruyan, Hantakan, dan Batang Alai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan, Sabtu (27/11/2021) sore.

Di Kecamatan Brabai, banjir menerjang empat desa, yaitu Barabai Utara, Selatan, Barat, dan Mendingan. Ketinggian air berkisar 40 sampai 50 sentimeter.

Musibah banjir juga terjadi di Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan dan beberapa titik lainnya. 

Dengan sigap, Relawan Hilal Merah  Islam Front Persaudaraan Islam (HILMI FPI) Balangan langsung turun ke lokasi banjir dan memberikan berbagai pertolongan. Antara lain dengan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Ahad (28/11) siang.

Relawan HILMI FPI Kalsel juga membuka dapur umum yang berada di Desa Taniran Kubah Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk membantu warga korban banjir di Desa tersebut dan sekitarnya. 

Hari Ahad (28/11) sore Relawan DPW FPI HSS membagikan  250 nasi bungkus untuk warga desa Karang Jawa Kabupaten HSS yang menjadi korban banjir.  

Dan FPI juga terus hadir membantu  di berbagai lokasi musibah lainnya. Berbagai kegiatan mulia FPI ini tentu membuat kagum masyarakat tak hanya di Indonesia namun di dunia karena FPI kerap difitnah dan diberi berbagai stigma negatif oleh para pembencinya, namun fakta membuktikan saat bencana datang FPI lah yang sigap membantu warga, bukan para pembenci FPI.

Dokumentasi kegiatan sosial kemanusiaan Front Persaudaraan Islam (FPI) beserta seluruh jajarannya baik di dalam maupun luar negeri yang sudah mencapai 3.800 link lebih, ada di Website www.faktakini.info di Label Berita: *Aksi Sosial Kemanusiaan*, klik & share 👇🏼

https://www.faktakini.info/search/label/Aksi%20Sosial%20Kemanusiaan?m=1

4 Responses to "Dunia Takjub! Ternyata FPI yang Bantu Korban Banjir di Sintang, Malang, Tebing Tinggi, Balangan, Garut dan HSS"

  1. Masya Allah Indonesia sangat Beruntung dengan kehadiran juga berdirinya FPI dan HILMI. Sangat meringankan masyarakat Indonesia.. Semoga selalu diberikan kemudahan keberkahan kelancaran dalam setiap langkahnya *Panjang umur Kemanusiaan *Panjang umur Perjuangan*Panjang umur Hal hal baik. FAKTA TERKINI SELALU TERDEPAN UP-TO-DATE MANTAP SUKSES SELALU SEMANGAT..

    BalasHapus
  2. Semoga allah melindungi dan selamat dari berbagai fitnah yg dilontarkan oleh rezim. Meneroriskan sebagian tokoh2 yg konskwen membela keadilan dan berbuat baik serta mencegah kemungkaran

    BalasHapus
  3. mashaAllah... Semoga FPI selalu ada dalam Lindungan Allah SWT...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel