(Video) Habib Rizieq Ziarah dan Sholat Jum'at di Masjid Keramat Kampung Bandan Ancol

 




Jum'at, 2 Juni 2023 

Faktakini.info, Jakarta - Imam Besar Habib Rizieq Syihab hari Jum'at (2/6/2023) menunaikan ibadah sholat Jum'at di Masjid Keramat Kampung Bandan Ancol Jakarta Utara.

Kedatangan Habib Rizieq beserta Habib Hanif Alatas dan rombongan disambut gembira oleh para jamaah dan kemudian dzurriyah Rasulullah SAW itu berziarah dan menunaikan ibadah sholat Jum'at bersama-sama.

Masjid Kampung Bandan merupakan salah satu tempat bersejarah dan menjadi saksi bisu awal penyebaran Islam di pesisir Jakarta khususnya di wilayah Ancol. Masjid Kampung Bandan yang juga dinamai sebagai Masjid Al Mukarromah Makam Keramat Kampung Bandan menjadi tempat peristirahatan terakhir tiga ulama penyebar agama Islam yang kini dikeramatkan.

Ketiga ulama tersebut yakni, Habib Mohammad Bin Umar Al-Qudsi yang wafat pada 1118 hijriah atau 1697 masehi dan Habib Ali Bin Abdurrahman Ba’alawi pada 1122 hijriah atau 1701 masehi. Mereka berdua berasal dari Hadramaut, Yaman yang berlayar menuju kepulauan Nusantara mulai dari Aceh hingga Batavia.

Setelah kedua Habib tersebut wafat, ratusan tahun kemudian terjadi kevakuman di kawasan makam keramat itu. Di momen-momen tersebut lah datang Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri, seorang ulama yang rutin berdakwah di Batavia.

Habib Abdurrahman awalnya ditugaskan mencari makam kedua ulama sebelumnya atas perintah Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas asal Bogor, Jawa Barat. Berbulan-bulan pencarian, Habib Abdurrahman akhirnya mendapati dua pusara tersebut.

Kala itu, di sekitar wilayah makam dua ulama sebelumnya mulai banyak orang yang beraktivitas di sekitar. Mereka adalah tawanan Belanda yang dibawa dari daerah Banda, Maluku. Demi mengeramatkan makam dua habib sebelumnya, Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri kemudian memutuskan membangun rumah ibadah di tempat itu. Kemudian, Habib Abdurrahman Bin Alwi membangun masjid sekitar tahun 1879.

Pada 18 Muharram 1326 Hijriah atau sekitar tahun 1908, Habib Abdurrahman yang berjasa atas berdirinya masjid ini tutup usia. Ia kemudian dimakamkan di samping kedua makam ulama sebelumnya.

Saat ini ketiga makam ulama penyebar agama Islam tersebut dikeramatkan di dalam Masjid Al Mukarromah Makam Keramat Kampung Bandan. Ketiga pusara penyebar agama Islam itu tampak ditutupi kain hijau bertuliskan kalimat tauhid.

SAFARI JUM'AT IBHRS SEKALIGUS ZIARAH DI MASJID AL MUKARROMAH KAMPUNG BANDAN | IBTV


KLIK:

https://youtu.be/SgzElX4quRw

https://youtu.be/SgzElX4quRw


🎥 Donasi Media & Perjuangan 

Bank Muamalat 3080039477 (Kode Bank 147) A/N Ahmad Sihabudin


💰 Donasi Kemanusiaan

Bank Syariah indonesia (BSI) 7148501658  (Kode Bank 451)  A/N Ahmad Sihabudin


Media Resmi FRONT PERSAUDARAAN ISLAM

=========================


Mari Bantu Perjuangan dan Dakwah Kami dengan :

LIKE, COMMENT, SHARE dan SUBSCRIBE


Youtube    : https://www.youtube.com/@IslamicBrotherhoodTV

Twitter      : https://twitter.com/IBTVOFFICIAL

Telegram  :  https://t.me/IBTV_Official


#frontpersaudaraanislam #ibtv #ibhrs #revolusiakhlaqNISLAM #HRS #IBTV

Klik video:






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel